-->

Kupas Tuntas Manfaat Ketela Pohon bagi Kesehatan

Manfaat Ketela Pohon bagi Kesehatan tubuh
Fungsi Daun Buah - Ketela pohon atau singkong sering dibilang sebagai makanan tradisional. Banyak makanan tradisional berasal dari bahan baku umbi ini. Ketela pohon dapat diolah menjadi makanan kering atau basah, bisa digoreng, direbus, maupun dibakar. Getuk, lepet, combro menggunakan singkong sebagai bahan utamanya.

Ketela pohon kaya akan serat, mengandung karbohidrat yang tinggi (alternatif pengganti nasi). Manihot esculenta (nama latin ketela pohon) mempunyai manfaat/khasiat bagi kesehatan kita. Adapun  manfaat/khasiat ketela pohon bagi kesehatan yaitu:

1. Ketela pohon merupakan sumber karbohidrat.
Dibanding kentang, kandungan kalori pada ketela pohon 2 kali lebih banyak. Maka pantas kalau ketela pohon menjadi sumber karbohidrat selain nasi.
2. Ketela pohon dapat melancarkan pencernaan.
Karena mengandung insoluble fiber (serat yang tidak larut dalam air) maka dapat membantu tubuh untuk melancarkan proses buang air besar, dan dapat menyerap serta membuang toksin yang terdapat di usus, sehingga membuat pencernaan menjadi sehat.
3. Ketela pohon dapat mengobati bronkitis.
Karena mengandung zat besi, vitamin C, serta nutrisi lainnya maka dengan mengkonsumsi ketela pohon dapat menjadi obat ampuh untuk menyembuhkan penyakit bronkitis. 
4. Ketela pohon dapat mengobati diabetes.
Makanan dan minuman yang manis sangat dianjurkan untuk dihindari oleh penderita diabetes. Nasi  maupun roti pun dianjurkan untuk dihindari, maka ketela pohon dapat dijadikan makanan alternatif. Ketela pohon cukup efektif untuk membantu sistem sekresi dan mempengaruhi produksi insulin, sehingga kadar gula di dalam peredaran darah tubuh bisa terjaga kestabilannya.
5. Ketela pohon dapat meredakan radang lambung.
Dengan mengkonsumsi ketela pohon secara teratur maka maka dapat mencegah dan menyembuhkan masalah peradangan pada lambung. Karena di dalam ketela pohon yang mengandung betakaroten, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium yang dapat menjaga kesehatan pada organ lambung dan usus halus.

Semoga artikel Kupas Tuntas Manfaat Ketela Pohon bagi Kesehatan ini bermanfaat juga buat yang lain. 

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel