-->

Ketahuilah ini Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan

Fungsi Daun Buah - Singkong (ketela pohon) oleh sebagian penduduk di Indonesia dijadikan sebagai makanan pokok. Ketela pohon mempunyai beragam manfaat, manfaat ketela pohon bagi kesehatan diantaranya dapat mengobati bronkitis, diabetes, melancarkan pencernaan, dan manfaat lainnya.
Daun singkong dimanfaatkan sebagai bahan olahan masakan dan sebagai obat herbal. Kandungan dalam daun ketela pohon meliputi vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Daun ketela pohon (singkong) pun menyimpan beberapa khasiat/manfaat bagi kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Daun ketela pohon dapat mengobati diare.
Untuk menggunakan daun ketela pohon sebagai obat kanker caranya yaitu dengan merebus daun singkong dengan air 900cc kemudian biarkan sampai mendidih hingga air tersisa setengahnya (450cc). Kemudian saring air rebusan tadi hingga tersisa setengah. Konsumsi dua kali sehari.
2. Daun singkong dapat digunakan sebagai kompres luka bakar (karena dapat mempercepat proses pendinginan).
3. Daun singkong dapat menyembuhkan sakit kepala.
Caranya sangat gampang, yaitu dengan menumbuk daun singkong kemudian gunakan sebagai kompres di kepala.
4. Daun singkong dapat digunakan sebagai obat penambah darah.
Karena daun singkong memiliki kandungan zat besi yang tinggi.
5. Daun ketela pohon dapat mengatasi reumatik.
Untuk pemakaian luar, ambil 5 lembar daun singkong 15 gram jahe merah, kapur sirih secukupnya. Campur semua bahan tadi kemudian tumbuk hingga halus dan campur dengan air secukupnya. Aduk hingga rata, gunakan ramuan tadi dengan cara menggoleskannya pada bagian yang sakit.
Untuk pemakaian dalam, sediakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.
6. Daun ketela pohon dapat mencerdaskan otak.
Dalam daun singkong terkandung asam amino yang diperlukan tubuh, berfungsi untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun singkong yaitu asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.

Semoga artikel Ketahuilah ini Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan ini bermanfaat juga buat yang lain. 

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel