-->

Khasiat Memanfaatkan Daun Pandan Wangi bagi Kesehatan

Khasiat Memanfaatkan Daun Pandan Wangi bagi Kesehatan rambut
Fungsi Daun Buah - Daun pandan wangi banyak dimanfaatkan sebagai pewarna sekaligus pewangi dalam setiap masakan. Dari masakan sayur, es krim, sampai kue sekalipun menggunakan manfaat daun pandan wangi ini. Pandanus ammaryllifolius (nama latin pandan wangi) merupakan salah satu jenis pandan yang ada di dunia (terdapat sekitar 600 jenis pandan)

Dalam daun pandan wangi terdapat kandungan alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Kandungan zat itulah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lalu, apa sajakah manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan? Mari kita bahas satu per satu:
1. Daun pandan wangi dapat mengobati pegal linu.
Sediakan 5 helai daun pandan dan 20 lembar daun serai, cuci kedua bahan tadi sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduklah hingga rata. Urut dan gosoklah pada bagian tubuh yang pegal dengan ramuan tadi.
2. Daun pandan wangi dapat mengatasi lemah syahwat.
Lemah syahwat kadang dapat menurunkan kehormisan dengan pasangan. Untuk mengatasi masalah tersebut caranya adalah, sediakan 3 lembar daun pandan wangi yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil. Rebus irisan daun pandan wangi tadi dengan 4 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa setengah (2 gelas air). Minumlah saat pagi dan sore 1 gelas. Lakukan secara teratur.
3. Daun pandan wangi dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
Gunakan daun pandan wangi untuk menurunkan hipertensi dengan cara: sediakan beberapa daun pandan wangi yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa 2 gelas. Saring ramuan tadi, konsumsilah pagi dan sore.
4. Daun pandan wangi dapat mengobati reumatik.
Penyakit reumatik lebih banyak terjadi pada orang yang sudah berumur lanjut. Untuk mengatasi reumatik caranya adalah dengan cara: sediakan 3 lembar daun pandan wangi yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil. Ambil setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan, aduk hingga rata dengan daun pandan wangi tadi. Tunggu hingga dingin, lalu gunakan sebagai obat gosok.
5. Daun pandan wangi dapat meningkatkan nafsu makan.
Sediakan 2 lembar daun pandan wangi yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil. Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air, tunggu sampai air rebusan tersisa setengahnya. Saring ramuan tadi dan konsumsi dua kali sehari.

Semoga artikel Khasiat Memanfaatkan Daun Pandan Wangi bagi Kesehatan ini bermanfaat juga buat yang lain. 

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel