-->

Manfaat Mentimun bagi Kesehatan yang Wajib kita Ketahui

Manfaat Mentimun bagi Kesehatan, Obat stres, Kesehatan pencernaan, Obat ganggaun pencernaan, Penangkal radikal bebas
Fungsi Daun Buah - Mentimun atau ketimun, kadang cuma disebut timun merupakan buah yang dipanen di kala muda. Dikarenakan dagingnya yang masih terasa lembut dan renyah. Mentimun paling sering digunakan sebagai lalapan.


Cucumis sativus L (nama latin mentimun) mempunyai bentuk lonjong dan berwarna hijau kekuningan. Mentimun banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Di dalam mentimun terkandung lemak jenuh, kolesterol, dan sodium sebagai sumber yang baik dari vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Kaya juga akan kandungan kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C dan Vitamin K.


Manfaat mentimun bagi kesehatan yang dapat kita peroleh yaitu:
1. Mentimun dapat menghambat penyakit ALzheimer.
Kandungan tembaga dalam mentimun dapat membantu neurotransmitter,yaitu keluarga kimia otak yang diperlukan untuk berkomunikasi. Yang berguna dalam menghambat penyakit Alzheimer, dengan cara membatasi kerusakan netral dalam otak.
2. Mentimun dapat meredakan stres.
Kandungan kalium dan kadar air yang tinggi dalam timun mempunyai difat diuretik ringan. Kandungan mangan dan serat dalam mentimun bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah.
Gunakan mentimun dengan cara mendidihkannya sampai keluar uap, kemudian hirup uap tadi untuk meredakan stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot dan indera.
3. Mentimun dapat mengobati gangguan pencernaan.
Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis. 
4. Mentimun dapat membuat awet muda.
Antioksidan seperti karoten, zea – xanthin dan lutein yang terkandung pada ketimun bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya. Sehingga dapat membuat awet muda.
5. Mentimun dapat menyembuhkan mabuk dan sakit kepala.
Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.
6. Mentimun dapat menghilangkan bau mulut.
Kandungan fitokimia yang ada dalam mentimun dapat mematikan bakteri penyebab bau mulut. Ambil seiris mentimun dan tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama 30 detik. 
7. Mentimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek dari natrium. 
8. Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas dalam memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. 

Semoga artikel Manfaat Mentimun bagi Kesehatan yang Wajib kita Ketahui ini bermanfaat juga buat yang lain. 

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel