-->

Manfaat Ampuh si Pahit Daun Pepaya bagi Kesehatan

Manfaat khasiat Ampuh si Pahit Daun Pepaya bagi Kesehatan
Fungsi daun buah - Kita mengenal daun pepaya karena rasanya yang pahit, rasa pahit daun pepaya karena adanya kandungan zat papain yang tinggi. Daun pepaya sering kita jumpai pada masakan, digunakan sebagai lalapan, digunakan sebagai ramuan jamu gendong. Selain itu daun pepaya juga dimanfaatkan sebagai pakan ikan, bahan pembuat peptisida nabati.

Dalam daun pepaya memiliki kandungan vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.

Bukan rahasia lagi, daun pepaya kaya akan manfaat. Sejak jaman dulu sudah digunakan sesepuh dalam mengobati berbagai macam penyakit. Penjual jamu tradisional menjadikan ramuan daun pepaya sebagai jamu wajib ada pada jualan mereka. Mari kita kupas lebih mendalam manfaat ampuh daun pepaya bagi kesehatan:
1. Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat cacing.
Karena daun pepaya mengandung carposide.
2. Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat demam berdarah.
Sediakan 5 lembar daun pepaya, campur dengan gula jawa, temulawak dan meniran secukupnya. Rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Dinginkan kemudian minum ramuannya.
3. Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat jerawat.
Sediakan beberapa lembar daun pepaya, tumbuk hingga halus. Gunakan sebagai masker di wajah sekitar 30 menit, bilas hingga bersih. Pakailah 2 kali sehari.
4. Daun pepaya dapat meningkatkan nafsu makan.
Karena adanya kandungan zat papain yang rasanya pahit yang bersifat stomakik. Caranya: sediakan selembar kecil daun pepaya seukuran telapak tangan, tumbuk atau blender dengan air hangat, campur dengan garam secukupnya. Saring kemudian minum ramuan tersebut.
5. Daun pepaya dapat melancarkan pencernaan.
Karena daun pepaya kaya akan kandungan karpain yang mampu membunuh mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggap parasit dalam perut. Sehingga dapat menghindarkan dari diare dan sembelit.
6. Daun pepaya dapat mencegah dan mengobati diabetes.
Dalam daun pepaya terkandung senyawa yang dapat mengendalikan kadar gula darah sehingga keadaannya dapat tetap stabil.
7. Daun pepaya dapat memperlancar ASI.
8. Daun pepaya dapat mengobati masuk angin.
Sediakan daun pepaya, daun sembung, sereh, jinten jahe dan gula jawa. Rebus semua bahan sampai mendidih. Saring kemudian minum selama masih hangat.
9. Daun pepaya dapat menghilangkan nyeri haid.
Sediakan selembar daun pepaya, garam dan asam jawa. Rebus semua bahan tadi sampai mendidih. Saring dan minumlah selagi hangat.
10. Daun pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat kanker.
Saat daun pepaya dimasak maka akan keluar getah dari daun pepaya yang tercampur dalam masakan yang dimasak. Getah putih inilah yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Semoga artikel Manfaat Ampuh si Pahit Daun Pepaya bagi Kesehatan ini bermanfaat juga buat yang lain.

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel