-->

Khasiat Tersembunyi Daun Pisang bagi Kesehatan

Khasiat Tersembunyi Daun Pisang untuk mengobati luka bakar, batuk, disentri, keputihan, demam
Fungsi Daun Buah - Daun pisang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan yang alami. Jajanan maupun makanan tradisiobal menggunakan daun ini untuk mendapatkan cita rasa dan aroma yang khas. Orang jawa menyebut wadah makanan dari daun pisang dengan sebutan pincuk.

Tidak hanya manfaat buah pisang saja yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Daun pisang pun mempunyai khasiat atau manfaat yang tidak kalah dari buah pisang. Beberapa khasiat/manfaat daun pisang pun dapat dijabarkan menjadi:
1. Daun pisang dapat mengobati demam.
Untuk mendapatkan khasiat daun pisang sebagai penurun panas caranya adalah dengan dengan menumbuk/menghaluskan daun pisang yang masih muda, kemudian campur dengan minyak kelapa. Tempelkan pada dahi dan badan.
2. Daun pisang dapat menyembuhkan luka bakar.
Caranya dengan membakar daun pisang yang kering, kemudian diambil abunya. Campur abu daun pisang dengan minyak kelapa. Oleskan pada bagian yang terkena luka bakar.
3. Daun pisang dapat mengobati sakit dada dan batuk.
Sakit dada dan batuk sering disebabkan karena merokok, minuman berakohol, maupun sebab lainnya. Dengan merebus daun pisang dan mengkonsumsinya secara teratur, maka sakit dada dan batuk akan berangsur sembuh.
4. Daun pisang dapat mengobati radang/iritasi pada bayi.
Sediakan daun pisang kemudian tumbuk/haluskan, gunakan sebagai salap pada bayi.
5. Daun pisang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Karena dalam daun pisang mengandung zat polifenol yang dapat dijadikan sebagai anti oksidan. Dengan membungkus makanan dengan daun pisang, maka zat tersebut akan diserap oleh makanan yang akan kita konsumsi. Sehingga kita tidak perlu memakan daun pisang secara langsung.
6. Daun pisang dapat mengatasi keputihan pada wanita
Masalah yang menjadi problematika kaum hawa ini dapat diobati dengan cara merebus daun pisang dan menggunakan air rebusan daun pisang tadi sebagai pembersih alat reproduksi wanita tersebut.
7. Daun pisang dapat mengobati mimisan.
Mimisan terjadi karena cuaca panas ataupun sebab lain. Biasanya orang menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan, tapi daun pisang pun dapat dijadikan alternatif untuk mengobati mimisan. Carany seperti menggunakan daun sirih untuk mengobatinya, yaitu dengan menggulung daun pisang kemudian taruh di hidung yang mimisan.
8. Daun pisang dapat mengatasi radang tenggorokan.
Untuk menggunakannya dengan mengeringkan daun pisang di bawah sinar matahari, kemudian rebus daun pisang yang sudah kering tadi. Saring dan minumlah rebusan daun pisang tadi.
9. Daun pisang dapat mengobati disentri.
Caranya dengan mengunyah daun pisang kapok kemudian telanlah getah pada daun pisang yang dikunyah tadi. 

Semoga artikel Khasiat Tersembunyi Daun Pisang ini bermanfaat juga buat yang lain. 

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel