-->

Daun Pandan dan Kesehatan Rambut

Daun Pandan dan Kesehatan Rambut rontok

Fungsi Daun Buah - Rambut diibaratkan sebagai mahkota wanita. Dengan rambut seseorang lebih terlihat auranya. Rambut yang sehat sangat diidamkan oleh kaum hawa. Banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak duit untuk merawat rambutnya. Salah satu bahan yang dipergunakan untuk menjaga dan merawat rambut adalah daun pandan.

Manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh sudah umum dibahas, lalu apa sajakah kegunaan daun pandan untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut?
1. Daun pandan dapat mengatasi ketombe.
Bila rambut berketombe kadang kita merasa kurang percaya diri. Ketombe dapat menyebabkan gatal-gatal di rambut (kulit kepala). Ungtuk mengatasi ketombe dengan menggunakan daun salam caranya adalah sediakan 7 lembar daun salam, potong kecil-kecil, cuci sampai bersih. Kemudian blender, campur dengan air bersih dan remas-remas blenderan daun pandan tadi, Saring airnya, gunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Tunggu beberapa menit hingga kering. Lalu bilas sampai bersih. Lakukan secara berulang.

2. Daun pandan dapat menghitamkan rambut.
Rambut hitam berkilau dan sehat alami sangat diidamkan mayoritas wanita. Daun salam pun mempunyai manfaat untuk penghitam rambut. Caranya: sediakan 7 lembar daun salam, potong kecil-kecil, cuci sampai bersih. Rebus dengan 1 liter air, sampai airnya berwarna hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman. Keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan scara rutin 3 kali seminggu dan lihat hasilnya.

3. Daun pandan dapat mengatasi kerontokan rambut.
Rambut rontok menjadi kekawatiran wanita. Kadang sampai dibikin stres tiap ada rambut yang rontok. Daun pandan pun dapat mengatasi masalah rambut rontok. Caranya:sediakan 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda yang segar, 1 genggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam panci alimunium. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Rebus hingga mendidih lalu disaring.

Cara pemakaiannya, oleskan ramuan tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu bungkus dengan handuk hangat. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya baru bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 2-3 kali seminggu.

Semoga artikel Daun Pandan dan Kesehatan Rambut ini bermanfaat juga buat yang lain. 

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel